Recent Posts

Introduction

Recent Comments

LKS


DOWNLOAD LKS GLB & GLBB LENGKAP

LEMBAR KERJA SISWA (LKS) 1
GERAK LURUS

A.  Tujuan
Mengetahui konsep gerak lurus dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

B.  Alat dan bahan
  1. Tikertimer ( pewaktu ketik )
  2. Pita tikertimer
  3. Mobil mainan dengan tenaga baterey
  4. Stopwatchgunting lem kertas

C.  Prosedur kegiatan
  1. Ikatkan pita tikertimer pada mobil mainan.
  2. Hidupkan : mobil mainan, tikertimer dan stop wach secara bersamaan. Biarkan selama 1 sampai 2 sekon atau kira-kira 30 sampai 40 titik terbentuk. Matikan stop wach, tikertimer secara bersamaan.
  3. Berilah tanda garis tiap titik ke 5.
  4. Potonglah potonglah pita tepat pada garis tadi dengan mengunakan gunting.
  5. Buatlah garis lurus mendatar dan vertical saling berpotongan tegak lurus.
  6. tempelkan potongan pita yang telah digunting pada garis mendatar yang telah dibuat.

D.      Tabulasi data


Potongan pita ke-
Panjang pita
1
2
3
4
5


E.       Pertanyaan

  1. Berapakah waktu yang di butuhkan untuk menghasilkan lima ketikan titik pada pita ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Ukurlah panjang tiap tiap potongan pita pewaktu ketik dengan mistar . Tulislah hasil pengukuranmu pada tabel !Apakah panjang potongan pita pita tersebut sama?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....


F.       Analisis dan Diskusi
1.Apa yang dapat kamu amati pada tempelan potongan potongan pita pewaktu ketik
   tersebut ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Dapatkah kamu menentukan kecepatan mobil mainan yang kamu gunakan dalam kegiatan diatas ? Tentukan kecepatanya untk setiap potongan pita dan tulislah hasilnya dalam tabel!

Potongan pita ke -
Panjang pita
Waktu untuk menghasilkan lima ketukan
Kecepatan
1
2
3
4
4
5
6
7
8




  1. Apabila garis vertical dan garis mendatar tersebut dianggap sebagai sumbu sumbu
grafik kecepatan terhadap waktu , suhu manakah yang menyatakan kecepatan dan sumbu manakah menyatakan waktu ? Lengkapilah grafik yang kamu buat dengan data data yang kamu peroleh . Apakah kesimpulan mu?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

































































Search

About this blog