DOWNLOAD LKS GLB & GLBB LENGKAP
LEMBAR KERJA SISWA (LKS) 1
GERAK LURUS
A. Tujuan
Mengetahui konsep gerak lurus dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B. Alat dan bahan
- Tikertimer ( pewaktu ketik )
- Pita tikertimer
- Mobil mainan dengan tenaga baterey
- Stopwatchgunting lem kertas
C. Prosedur kegiatan
- Ikatkan pita tikertimer pada mobil mainan.
- Hidupkan : mobil mainan, tikertimer dan stop wach secara bersamaan. Biarkan selama 1 sampai 2 sekon atau kira-kira 30 sampai 40 titik terbentuk. Matikan stop wach, tikertimer secara bersamaan.
- Berilah tanda garis tiap titik ke 5.
- Potonglah potonglah pita tepat pada garis tadi dengan mengunakan gunting.
- Buatlah garis lurus mendatar dan vertical saling berpotongan tegak lurus.
- tempelkan potongan pita yang telah digunting pada garis mendatar yang telah dibuat.
D. Tabulasi data
Potongan pita ke- | Panjang pita |
1 2 3 4 5 |
E. Pertanyaan
- Berapakah waktu yang di butuhkan untuk menghasilkan lima ketikan titik pada pita ?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Ukurlah panjang tiap tiap potongan pita pewaktu ketik dengan mistar . Tulislah hasil pengukuranmu pada tabel !Apakah panjang potongan pita pita tersebut sama?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
F. Analisis dan Diskusi
1.Apa yang dapat kamu amati pada tempelan potongan potongan pita pewaktu ketik
tersebut ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Dapatkah kamu menentukan kecepatan mobil mainan yang kamu gunakan dalam kegiatan diatas ? Tentukan kecepatanya untk setiap potongan pita dan tulislah hasilnya dalam tabel!
Potongan pita ke - | Panjang pita | Waktu untuk menghasilkan lima ketukan | Kecepatan |
1 2 3 4 4 5 6 7 8 |
- Apabila garis vertical dan garis mendatar tersebut dianggap sebagai sumbu sumbu
grafik kecepatan terhadap waktu , suhu manakah yang menyatakan kecepatan dan sumbu manakah menyatakan waktu ? Lengkapilah grafik yang kamu buat dengan data data yang kamu peroleh . Apakah kesimpulan mu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………